Cara Merawat Rumah Kayu

  1. Secara Rutin Memberikan Pelapisan atau Coating Ulang

Bagian eksterior rumah yang langsung bersentuhan dengan cuaca seperti panas, angin ataupun hujan, penting untuk dilakukan coating untuk mencegah efek buruk dari sentuhan cuaca tersebut yang memang merupakan musuh dari elemen berbahan kayu. Pilih coating atau pelapis yang sesuai dengan fungsinya, misalnya memakai plitur untuk mempertahankan serat kayu agar awet dan tetap terlihat alami.

  1. Menggunakan Anti Rayap

Dianjurkan untuk rutin melakukan pengecekan di tempat atau area rawan rayap di rumah kayu Anda atau bisa dengan memakai jasa pest control untuk pencegahan rayap.

  1. Rajin Bersih-bersih

Rumah kayu disarankan untuk rutin membersihkan kayu dari kotoran dan juga debu yang menempel. Untuk lantai rumah kayu bisa dilakukan dengan cara membersihkan dengan air pel dan segera langsung dikeringkan. Sedangkan untuk bagian dinding rumah kayu bisa dibersihkan menggunakan lap basah. Untuk mencegah agar cat tidak pudar dan mengelupas dan juga untuk memperpanjang usia rumah kayu.

  1. Berhati-hati dengan Kebiasaan di Rumah

Anda juga perlu memperhatikan kebiasaan saat berada di rumah, karena tanpa disadari kebiasaan tersebut bisa merusak rumah kayu Anda sendiri. Contohnya, Bagi yang suka dengan tanaman, usahakan letak tanaman tidak menutupi dinding-dinding rumah kayu, hal ini dilakukan untuk mencegah lumut atau jamur hingga di dinding kayu dan juga untuk menjaga kelembaban dinding rumah kayu agar tetap mendapakan sinar matahari.