Mana yang Lebih Baik antara Rumah Kayu dan Rumah Permanen

Ketika kita akan membuat rumah, ada dua pilihan bahan bangunan yang harus kita pilih, yaitu rumah berbahan kayu atau dengan batu bata dan semen. baik rumah berbahan kayu maupun berbahan batu bata. keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Rumah kayu
Dibandingkan dengan jenis rumah batu bata, rumah kayu jauh lebih mudah dan cepat untuk dibangun.

Lebih cepat Dibangun
kayu merupakan bahan yang lebih ringan daripada batu bata, sehingga lebih mudah untuk dimodifikasi. Perusahaan konstruksi akan membuat bingkai terlebih dahulu kemudian memasangnya di lokasi untuk membangun rumah. Dalam hal ini, proses konstruksi akan berlangsung sekitar sepuluh hari, bukan beberapa minggu. Proses pengeringan juga lebih cepat dengan rumah kayu. Jadi, tukang plester dan tukang listrik dapat memulai pengerjaan rumah lebih cepat dibandingkan dengan konstruksi batu bata. Keunggulan pembuatan rumah kayu lainnya adalah konstruksinya tidak dibatasi oleh kondisi cuaca. Sementara, rumah bata harus dihentikan jika suhu turun di bawah 2 derajat celcius.

Hemat biaya dan energi
Karena pengerjaan konstruksinya tidak lama, biaya pemasangan dan tenaga kerja jauh lebih rendah dibandingkan rumah bata. Kayu lebih murah daripada bahan bangunan lainnya. Kayu termasuk isolator termal yang fantastis. Produk kayu mengisolasi panas dari dingin dan memiliki energi rendah. Akibatnya, bangunan dari kayu cukup hangat bahkan selama malam dingin.

Oleh karena itu, efisiensi energinya luar biasa dibandingkan dengan rumah dari baja dan beton. Selain sebagai pendingin ruangan alami, kayu pun memiliki kemampuan menyerap kelembapan dan melindungi kebisingan.

Mudah didesain, nyaman, dan berkelanjutan
Kayu merupakan salah satu bahan bangunan paling fleksibel, sehingga dapat didesain lebih banyak dan menarik. Hal tersebut dapat memberikan keserbagunaan arsitektur. Kita memiliki kebebasan untuk mendesain dan memilih tata letak yang sempurna. Selain itu, rumah kayu juga aman dan sehat untuk kita maupun lingkungan. Sebab, kayu merupakan salah satu bahan bangunan yang berkelanjutan dan terbarukan. Kayu juga memiliki berbagai efek menenangkan dan membuat rileks.

Rumah Batu Bata
Batu bata adalah salah satu bahan bangunan yang paling umum digunakan. Kayu dapat mempertahankan panas alami karena batu dapat mengakumulasi panas, rumah dari batu bata cenderung memiliki iklim ruangan yang sehat dan menyenangkan. Rumah bata juga memiliki kemampuan untuk menyerap kelembaban, sehingga bisa menjaga suasana tetap kering dan seimbang. Rumah bata juga cukup hangat selama musim dingin. Rumah batu bata tahan api dan rayap. Batu batu berkualitas tinggi juga akan membutuhkan waktu puluhan tahun untuk terkelupas.